Tuesday, April 29, 2014

Menulis Surat Dalam Bahasa Inggris

Cara pembuatan surat dalam bahasa Inggris. Yang perlu kita ketahui lebih awal sebelum memulai membuat surat yaitu karakteristik surat yang baik terlebih dahulu. Adapun karateristik (The characteristics of business letter) tersebut yang penulis ketahui sering dikenal dengan sebutan 7C sebagai berikut:
  1. Clear (Jelas)
  2. Concise (Singkat)
  3. Complete (Lengkap)
  4. Courteous (Sopan)
  5. Concrete (Bisa dipercaya)
  6. Clean (Rapi)
  7. Careful (Hati-hati)
Silahkan jabarkan masing-masing  yah?,, kita lanjut saja ke langkah berikutnya yaitu kenali bagian-bagian yang harus ada pada surat sebagai berikut (Parts and the usage):
  1. Heading/Letter Head
  2. Date Line
  3. Reference Line/Reference Number
  4. Inside Address
  5. Attention Line
  6. Salutation
  7. Subject Line/Re-line
  8. Body of letter
  9. Complementary Close
  10. Signature
  11. Enclosure
Heading/Letter Head
  • Dicetak dengan berbagai huruf
  • Bentuknya menarik
  • Umumnya berada di bagian atas
  • Content : Name of Company, complete address, telephone number, facsimile number, kind of business activity
  • Additional : Name of director, Address of branch office, bankers, post office (PO) Box, symbol of the company, motto
Date Line
  • Dicantumkan 3 sampe 6 baris (space) dibawah letter head
  • Sebelah kiri/kanan tergantung bentuk surat
  • Tidak perlu didahului nama kota (sudah tertera pada letter head)
  • Tanggal, bulan, tahun, ditulis lengkap. Dianjurkan untuk tidak menggunakan angka semua karena perbedaan penulisan tanggal antara British dan American akan membuat bingung sipembaca. Contoh 5-8-2012 akan terdapat dua pendapat, yaitu  sebagai berikut:
    -British : 5th August 2012
    -American : May 8th, 2012
Reference Line
  • Berisi inisial pengonsep dan pengetik (singkatan nama orang yang mendiktekan/pengonsep/penandatangan dan pengetik surat)
  • Diletakkan diatas sebelah kiri sejajar dengan date line
    - Ref. HH/AP
    HH: Inisial penandatangan, singkatan dari Horison Heywood
    AP: Inisial typist/pengetik, singkatan dari Anne Palmer
    - Ref. HH/AP/B3
    B3: nomor filling
    - Ref. line yang sering digunakan  dalam membalas surat:
    Your ref. HW/SC/221 >>>>>>>>> Ref. surat yang dibalas
    Our ref. HH/AP/B3>>>>>>>>>Ref. pembalas surat
Inside Address
  • Nama lengkap dan alamat perusahaan/orang yang dikirimi surat
  • Ditulis 4-6 baris bawah date line
  • Bisa berbentuk block form atau indent form
    Block form
    Open punctuation (tanpa ditutup dengan koma)
    Mr. John White, Sales Manager
    Miland Electric Co. Ltd
    25 Trinity Place, Macstown
    England MA 127 QE
    Close Punctuation (ditutup dengan koma)
    Mr. John White, Sales Manager,
    Miland Electric Co. Ltd,
    25 Trinity Place, Macstown,
    England MA 127 QE
    Indented formOpen punctuation (tanpa ditutup dengan koma)
Mr. John White, Sales Manager
Miland Electric Co. Ltd
25 Trinity Place, Macstown
England MA 127 QE
Attention Line
  • Digunakan jika surat ditujukan pada orang terntentu dalam suatu perusahaan, ditulis 2 baris dibawah inside address. Contoh:
Mr. John White, Sales Manager,
Miland Electric Co. Ltd,
25 Trinity Place, Macstown,
England MA 127 QE
For the attention : MR. Adminton
Purchase Manager
  • Jika tidak tahu alamat rumah tujuan, tapi tahu alamat pekerjaan, boleh denga cara sebagei-berikut:
    Mr. John White, Sales Manager,
    c/o 25 Trinity Place, Macstown,
    England MA 127 QE
c/o = Care Of
Att = Attention
Sekian dulu dari saya semoga bermanfaat......

0 comments:

Post a Comment