Saturday, June 28, 2014

Soal Matematika ( Jaring-jaring Balok)

Buatlah jaring-jaring balok berikut apabila panjang, lebar, dan tinggi dari balok tersebut secara berturut-turut memiliki perbandingan 4 : 3 : 2, dan dipotong menurut rusuk-rusuk yang berwarna merah!
Soal Balok
Pembahasan
Untuk lebih mudah dalam mengerjakan soal ini, kita namai balok tersebut sebagai balok PQRS.TUVW.
Soal Balok 2
Setelah balok tersebut diiris menurut rusuk-rusuk yang berwarna merah, yaitu rusuk-rusuk PQ, QU, TU, UV, VR, VW, dan RS, akan terbentuk jaring-jaring seperti berikut.
Jaring-jaring Soal
Untuk mengetahui perbandingan dari panjang, lebar, dan tinggi dari balok, silahkan perhatikan grid pada gambar di atas. Panjang dari balok sama dengan panjang dari rusuk-rusuk PQ, SR, TU, dan WV, yaitu 10 satuan panjang. Lebar dari balok sama dengan panjang dari rusuk-rusuk PS, QR, UV, dan TW, yaitu 7,5 satuan panjang. Sedangkan tinggi balok sama dengan panjang dari rusuk-rusuk PT, QU, RV, dan SW, yaitu 5 satuan panjang. Sehingga, p : l : t = 10 : 7,5 : 5 = 4 : 3 : 2, sesuai yang diminta soal.
Satu hal lagi, kita akan meninjau ruas garis sebagai bingkai dari daerah yang berwarna orange. Ruas garis-ruas garis tersebut memotong rusuk-rusuk PQ, TU, WV, dan SR pada balok. Pada jaring-jaring, ruas garis sebagai bingkai daerah berwarna orange tersebut juga memotong rusuk-rusuk tersebut. Sehingga, jaring-jaring yang kita lukis sesuai yang diminta oleh soal.

Semoga bermanfaat....

0 comments:

Post a Comment